Home » , , » Prodi Agribisnis UM Bandung Siap Mencetak Wirausaha Muda Indonesia

Prodi Agribisnis UM Bandung Siap Mencetak Wirausaha Muda Indonesia


Secara historis, Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Bandung dan sepuluh prodi lainnya yang disahkan melalui Surat Keputusan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Nomor 1987/A4/HK/2016 tentang ijin pendirian Universitas Muhammadiyah Bandung. Sebagai Program Studi yang berada di bawah naungan Muhammadiyah, Prodi Agribisnis UM Bandung tidak hanya mempelajari dan mengembangkan ilmu ekonomi pertanian dan manajemen usaha agribisnis tetapi juga mempelajari mata keIslaman. 

Prodi Agribisnis UM Bandung memiliki kekhasan kurikulum yang tidak dimiliki oleh program studi sejenis pada perguruan tinggi lain yakni adanya program Pengembangan Bisnis. Program Pengembangan Bisnis ini terdiri dari empat rangkaian mata kuliah, yaitu Pengembangan Bisnis I (Perencanaan Usaha Agribisnis), Pengembangan Bisnis II (Pembuatan Produk dan Manajemen Produksi), Pengembangan Bisnis III (Praktek Pemasaran dan Manajemen Pemasaran), dan Pengembangan Bisnis IV (Evaluasi dan Pengembangan Usaha). Keempat rangkaian mata kuliah tersebut meliputi kegiatan praktis dan teoritis. Target output-nya adalah terbentuknya rancangan bisnis dan praktek usaha agribisnis dalam skala kecil kelompok mahasiswa mulai dari pembuatan produk, kegiatan pemasaran, sampai pada evaluasi dan rencana strategis pengembangannya pasca mahasiswa menjadi alumni.

Dengan rangkaian mata kuliah tersebut maka Prodi Agribisnis UM Bandung siap mencetak wirausaha agribisnis muda Indonesia yang rintisan usahanya dimulai sejak dari masa kuliah. Struktur kurikulum Prodi Agribisnis menunjukkan bahwa di semester tiga mahasiswa sudah dapat memulai rancangan bisnisnya. 

Sebagai Prodi yang bernaung di bawah institusi Muhammadiyah, Prodi Agribisnis UM Bandung juga memiliki keunggulan keilmuan nilai-nilai Islami yang diperoleh selama 4 semester dengan beban 2 SKS per semester. Mata kuliah ini pun dilengkapi dengan praktik dan teori sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual. Mampu memegang teguh dan menerapkan nilai-nilai Islami dalam budaya kerja dan kehidupan bermasyarakat.

Lulusan perguruan tinggi tidak hanya dituntut untuk memiliki knowledge tetapi juga skill untuk bersaing di dunia kerja termasuk di dalamnya adalah soft skill. Beberapa soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja antara lain skill interpesonal, intrapersonal, leadership, kreativitas dan inovasi yang akan mendukung kinerja efektif dalam budaya kerja. Untuk menggali dan mengembangkan soft skill mahasiswa, Prodi Agribisnis UM Bandung memfasilitasi perangkat lembaga kemahasiswaan sebagai wadah untuk mengembangkan minat, bakat, dan soft skill. 

Lembaga kemahasiswaan bekerjasama dengan seluruh dosen dan civitas akademika di lingkungan UM Bandung untuk mendorong dan memfasilitasi mahasiswa agar terlibat aktif dalam menyelenggarakan dan atau mengikuti berbagai kegiatan seperti kompetisi ilmiah, seminar, karya tulis, hibah, kompetisi perencanaan bisnis, dan program kreativitas lainnya. Untuk memacu motivasi mahasiswa pada kegiatan kemahasiswaan, Prodi Agribisnis secara khusus membuat standar penilaian aktif kemahasiswaan dalam bentuk transkrip nilai aktif kemahasiswaan yang meliputi penilaian kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, organisasi kemahasiswaan, dan organisasi ekstra kampus.

Saat ini, Universitas Muhammadiyah Bandung sedang melakukan penjaringan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2016/2017. Terdapat 11 Program Studi yang terbagi menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Sosial Humaniora dan Fakultas Sains dan Teknologi. Adapun Program Studi meliputi :
  1. Agribisnis,
  2. Psikologi,
  3. Kriya,
  4. Administrasi Publik,
  5. Ilmu Komunikasi,
  6. Teknologi Pangan Halal,
  7. Informatika,
  8. Teknik Industri,
  9. Farmasi,
  10. Teknik Elektro, dan 
  11. Bioteknologi

Jadwal penting untuk penerimaan mahasiswa baru antara lain :
  1. Pendaftaran 1 Agustus 2016 - 9 September 2016
  2. Psikotes 10 September 2016
  3. Pengumuhan hasil Psikotes 20 September 2016
  4. Registrasi 23 September 2016
  5. Forum taaruf dan orientasi mahasiswa baru 24 - 25 September 2016
  6. Mulai perkuliahan 26 September 2016

Formulir pendaftaran dapat diperoleh di kampus UM Bandung Jl. Palasari No. 9A Kota Bandung, pukul 08.00-16.00 WIB atau kontak pendaftaran melalui nomor 081323000222 / 081313962200 (Ibu Riri). 

Informasi mengenai program studi Agribisnis dapat dilihat di www.agribisnis-umbandung.com

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : facebook | twitter | a-DHA White Series
Copyright © 2013. Moving Forward - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger