Home » , » Tips Lolos Seleksi Beasiswa LPDP

Tips Lolos Seleksi Beasiswa LPDP

Education is a better safeguard for our dream.




Sekilas tentang LPDP
Program beasiswa LPDP bertujuan untuk mencetak pemimpin dan profesional untuk menjadi lokomotif kemajuan Indonesia di masa depan. Ada beberapa jenis Beasiswa Pendidikan LPDP antara lain Beasiswa Magister Doktor, Beasiswa Tesis Disertasi, Beasiswa Spesialis Kedokteran, Beasiswa Afirmasi, dan Presidential Scholarship. Prioritas bidang keilmuan LPDP mencakup Teknik, Sains, Pertanian, Kedokteran/Kesehatan, Akuntansi/Keuangan, Hukum, Pendidikan, Agama, Ekonomi, Pendidikan, Sosial, dan Budaya/Bahasa. Adapun tema prioritas meliputi Kemaritiman, Perikanan, Ketahanan Energi, Ketahanan Pangan, Teknologi Transportasi, Teknologi Pertahanan dan Keamanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknologi Kedokteran dan Kesehatan, Hukum Bisnis Internasional, Keperawatan, Industri Kreatif, Manajemen Pendidikan, Lingkungan Hidup, dan Ekonomi/Keuangan Syariah.
Beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun dengan 4 kali seleksi yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Pendaftaran harus dilakukan minimal 6 bulan sebelum rencana perkuliahan. Adapun pendaftaran dilakukan secara online melalui website di http://www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Benefit Alumni Peneriman Beasiswa LPDP
Saya merekomendasikan beasiswa LPDP karena benefitnya tidak hanya dirasakan selama menjadi awardee (istilah untuk para penerima beasiswa LPDP) namun alumni (penerima beasiswa LPDP yang sudah selesai kuliah) tetap mendapatkan benefitnya. Diantaranya adalah 1) beasiswa lanjutan, bagi program magister bisa langsung lanjut S3 dengan beasiswa dari LPDP tanpa perlu mengikuti seleksi lagi, 2) memiliki hak sebagai prioritas penerima program hibah penulisan buku, 3) memiliki hak sebagai prioritas penerima program hibah penelitian dari LPDP, 4) memiliki hak sebagai prioritas penerima program pendanaan seminar/training nasional ataupun internasional, 5) jaringan alumni, jaringan ini dikelola oleh Mata Garuda yang merupakan organisasi ikatan alumni awardee LPDP (www.matagaruda.co.id).

Persyaratan Pendaftaran LPDP (berlaku mulai April 2015)
1) harus WNI tentunya. 2) Batas usia adalah < 35 tahun (S2) dan < 40 tahun (S3). 3) Sudah memiliki unconditional LoA ATAU IPK terakhir untuk > 3,0 (S2) dan > 3,25 (S3); punya skor TOEFL ITP 500, IELTS 6.0, atau iBT 65 untuk Dalam Negeri dan TOEFL ITP 550, IELTS 6.5, atau iBT 79 untuk Luar Negeri. Jadi bagi yang punya IPK dan skor TOEFL dibawah standar tidak perlu khawatir asalkan sudah punya unconditional LoA. 4) Menulis essay (500-700 kata) dengan tema “Kontribusiku bagi Indonesia (yang telah, sedang, dan akan dilakukan untuk maysrakat/lembaga/instansi/profesi komunitas saya)” dan “Sukes Terbesar dalam Hidupku” 5) surat keterangan sehat dari RS Pemerintah dan SKCK dari kepolisian, 6) rencana studi untuk S2 dan ringkasan proposal penelitian untuk S3, 7) dan univ. yang dituju harus masuk list LPDP.

Proses Seleksi
Ada dua tahapan proses seleksi, yaitu tahap I seleksi administrasi dan tahap II on the spot essay writing, seleksi wawancara, dan LGD (Leaderless Grup Discussion). Next, ada pre departure atau sering disebut Program Kepemimpinan (PK) yang wajib diikuti setelah dinyatakan lolos seleksi tahap I dan II.

Seleksi Tahap I à Administrasi
Administrasi yang harus dipenuhi adalah yang disebutkan di requirements di atas.
CV, diisi online di website LPDP. Yang harus diperhatikan adalah dokumen-dokumen pendukung untuk pengisian CV karena diminta untuk melampirkan scan ijazah, study plan, essay, LoA, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, dan surat rekomendasi. Semua dokumen di attach dalam bentuk pdf. Kemudian dalam pengisian CV ada dimana kita diminta menyebutkan pengalaman training, seminar, etc. dan kolom yang harus diisi salah satunya menyebutkan tanggal pelaksanaan. So jika ada sertifikat akan lebih mudah melihat tanggal pelaksaannya. Format CV sewaktu-waktu bisa berubah.
Unconditional LoA. Bagaimana cara mendapatkan LoA (Letter of Acceptance)? Apply ke Universitas, penuhi requirementsnya atau ikutin ujiannya kalau lulus dapat deh LoA. LoA ada dua jenis, conditional LoA dan unconditional LoA. Conditional LoA diperoleh jika diterima di Univ tapi lulus bersyarat, misalnya karena skor TEOFL kurang. Sedangkan Unconditional LoA diperoleh jika diterima di Univ tanpa syarat. Jadi, dipastikan saat apply ke Universitas bisa dapat unconditional LoA.
TOEFL/IELTS, jika belum punya unconditional LoA maka skor TOEFL/IELTS harus memenuhi syarat LPDP. Kalau belum memenuhi syarat saran saya tidak perlu apply dulu, karena kalaupun lolos seleksi dokumen belum tentu lolos ditahap berikutnya. Kamu bisa mencari cara paling efektif untuk meningkatkan skor TOEFL/IELTS. Saya belajar TOEFL secara otodidak, saya beli buku-buku TOEFL, hunting soft file nya dari teman-teman, dipelajari dan berlatih sendiri. Tantangannya butuh tekad yang kuat kalau mau belajar sendiri. Jika punya uang lebih bisa ambil course.
Studi plan yang saya buat memaparkan alasan lanjut studi, alasan pemilihan univ dan program studi, rencana tema penelitian, dan rencana setelah studi S2 selesai. Tips dalam pembuatan studi plan, 1) dibuat seefektif dan seefisien mungkin (maksimal 2 halaman) 2) tonjolkan kontribusinya, baik dalam perencanaan tema penelitian ataupun rencana setelah studi. Pemilihan jurusan tidak harus linier, namun harus dipaparkan dengan jelas alasan pemilihan jurusan tersebut sehingga dapat meyakinkan reviewer bahwa pilihan tersebut memang layak. Program studi yang saya ambil tidak linier, S1 saya Kimia sedangkan S2 Magister Manajemen Agribisnis. Di wawancara, studi plan ini banyak ditanyakan. So dikuasai study plannya!
Essay di seleksi thn 2013 yang dibuat hanya 1, mulai tahun 2015 ada 2 essay. Saya memilih tema “Peranku bagi Indonesia”. Essay yang saya dibuat dikembangkan dari rencana penelitian. Fokuskan pada inti permasalahan dan berikan solusinya, pastikan kita dapat berperan dalam solusi tersebut. Saya yakin ini akan menjadi point plus dari essai dan studi plan yang dibuat. Kedua tema essay yang disyaratkan LPDP menurut saya bukan tema yang sulit. Kita bisa cerita case atau pengalaman kontribusi kita di masyarakat/organisasi/tempat kerja yang ternyata punya significant effect untuk community tersebut. Intinya kita diminta bercerita “udah ngapain aja sih selama ini?” “apa sih yang sudah kita raih?” sekecil apapun dan kontribusi di manapun, ya itulah kontribusi kita buat Indonesia. Trus makna sukses itu relatif, tidak melulu prestasi akademik, achievement, atau sejenisnya. Saya merasa sukses jika bisa membuat orang lain bahagia. Tolak ukurnya bisa beda pada setiap orang. So, kamu yang lebih tahu apa ukuran sukses menurutmu. Yang dokumennya bagus, based on cerita-cerita, rata-rata saat wawancara juga santai. Sepertinya memang sudah ada screening bagi yang dokumennya bagus. Intinya kualitas dokumen terutama CV, essai, study plan atau reserach plan sangat mendukung tahap selanjutnya. Contoh essai dapat dilihat disini.
Surat rekomendasi dibuat oleh satu orang, diutamakan atasan atau dosen atau tokoh masyarakat yang dekat dan tahu potensi kita. Surat rekomendasi saya dibuat oleh salah satu sensei di MITI. Beliau membawahi sektor privat dan industri dimana saya saat itu menjadi salah satu koordinator programnya. Content surat rekomendasi atas permintaan sensei, saya buat sendiri beliau tinggal tanda tangan. Pernah minta surat rekomendasi ke dosen untuk beasiswa lain juga disuruh buat content sendiri. Tapi pernah juga keseluruhannya dibuat oleh dosen. Intinya kita ikuti aja permintaan dari pemberi rekomendasi. So, mintalah surat rekomendasi ke orang yang dekat/kenal baik sama kita agar dipermudah. Format surat rekomendasi bisa didownload di website LPDP.

After Submit
Untuk yang lolos seleksi administrasi akan ada pemberitahuan resmi lewat email dari LPDP. Begitupun untuk informasi tahap selanjutnya pemberitahuan resmi akan dilakukan lewat email. So, setelah submit dokumen, harus lebih intens buka email. Jika aktivitas emailmu padat, saran saya buatlah email baru khusus untuk LPDP karena jika lolos seleksi, email tersebut akan terus digunakan sebagai sarana komunikasi dengan LPDP dan seluruh awardee. Sebaiknya gunakan account gmail, karena fitur individual email dan grupnya lebih nyaman. Gmail juga dapat memfilter secara otomatis antara individual email, miling list, social network, ataupun promo. Jadi email-email yang tidak penting akan terpilah otomatis.

Seleksi Tahap II
On the spot essay writing, tes ini baru untuk angkatan 2015, jaman saya seleksi belum ada. Sebagai gambaran, saya share pengalaman awardee LPDP lain yang mengikuti tes ini. Saat tes masing-masing peserta diberikan 2 artikel mengenai issue-issue terkini di Indonesia, kemudian diminta menjawab pertanyaan yang ada di  bagian bawah artikel tersebut dalam bentuk essay. Yang membuat test essay ini istimewa adalah waktu yang diberikan untuk mengerjakan essay tersebut. Hanya 15 menit untuk membaca 1 artikel sekaligus membuat essay-nya. Padahal artikelnya panjang sekali. Selesai dengan essay untuk artikel pertama, peserta diberikan artikel kedua dan harus menyelesaikannya juga hanya dalam waktu 15 menit. Saat itu artikel yang diberikan mengenai system pendidikan di Indonesia dan tentang system presidensial di Indonesia. So, persiapkan diri untuk selalu update info-info terkini yang sedang hangat (Fissilmi Hamida, University of Brisbol UK, Awardee LPDP PK 24).
           Wawancara, untuk persiapan wawancara saya membuat daftar pertanyaan dari studi plan, yang diprediksi akan ditanyakan penguji, dan ternyata prediksi saya tepat. Pastikan jadwal wawancara kita dengan benar dan meskipun dapat jadwal siang atau sore sebaiknya ready sejak pagi karena pengalaman saya wawancara beasiswa, jadwal selalu maju dan pemberitahuan panitia selalu mendadak. Kalo kita belum siap akan membuat panik dan nervous. Saat hari pastikan tampil PD dengan aksesoris ataupun pakaian yang kita pakai, ini membantu kita lebih nyaman.
Tips wawancara. Yang terutama adalah jangan gugup, perbanyak dzikir dan do’a robithoh :). Saat masuk ruangan, jabat tangan para interviewer satu per satu secara urut. Satu penguji laki-laki tentu tidak saya jabat tangannya, hanya merapatkan tangan didada dan alhamdulillah beliau paham. Kalau grogi saat jabat tangan akan ketahuan dari tangan yang dingin atau gemetar. Dan entah gimana caranya, buatlah mereka tertarik dengan kita, yang ini gampang-gampang susah. Kedua, saat berbicara dengan penguji jangan menunduk, tataplah mereka. Posisikan duduk serileks mungkin, tidak tegang namun tidak over gerak juga.
Wawancara saya berlangsung santai sampai 45 menit, but sure tidak terasa kalau selama itu. Lucunya dipertengahan wawancara penguji baru ingat bahwa saya belum memperkenalkan diri. Kata psikolog yang mewawancara saya karena saking tertariknya kepada saya jadinya saat masuk langsung ngobrol ngalor ngidul hehe...Interviewernya ada 3 orang, 2 dosen ahli dan 1 psikolog. Masing-masing interviewer punya pertanyaan khusus. Ada yang fokus bertanya tentang kehidupan pribadi, study, dan pertanyaan umum. Pertanyaan pribadi ini diajukan oleh psikolog, mereka bertugas untuk menggali potensi-potensi kepemimpinan calon penerima beasiswa. 1) Psikolog bertanya seputar keluarga, aktivitas organisasi, motivasi study, dll. 2) Penguji kedua fokus menanyakan tentang studi plan, terutama alasan pemilihan jurusan saya yang tidak linier, hubungan dengan prodi sebelumnya? Alasan lanjut study dan rencana setelah study? Saya juga diberikan sebuah studi kasus dan diminta pendapat dan solusinya. Alhamdulillah semua bisa saya jawab dengan baik. Tips untuk memberikan jawaban: jujur, sederhana, realistis, logis, dan aplikatif :). 3) Penguji ketiga fokus pada pengetahuan umum. Saya ditanya tentang relevansi pancasila saat ini (nah yang ini lucu karena saya lupa isi pancasila sampai ditertawakan interviewer dan disuruh ngulang pelajaran SMP hehe...), tapi saya berikan alasan bahwa saya lupa karena saya tidak menghafalnya tapi saya mengamalkannya :D. Saya bilang lebih penting pengamalan daripada teori hehe.. ini sebenarnya hanya bela diri aja karena saya lupa, tapi jawaban saya malah dapat dukungan dari penguji lain ^__^. Saya juga ditanya tentang NII, Syi’ah VS Sunni, relevansi jika saat ini ideologi Indonesia diganti dengan Islam, diminta menganalisis beberapa kerusuhan yang melibatkan SARA, dll. Mungkin karena jilbab saya gede kali ya jadi pertanyaannya menguji saya apakah Islam ekstrimis atau moderat hehe... Untuk penguji ketiga ini saya jawab apa adanya karena memang saya tidak banyak tahu tentang hal-hal yang ditanyakan tersebut. Akhirnya beliau yang membantu menjelaskan :).
Terakhir, selesai wawancara jangan lupa beri kata penutup minimal ucapan terimakasih karena mereka sudah memberikan pengalaman berharga atas materi wawancara hari itu. Dan sebelum keluar jabat tangannya lagi. Saya lupa cara penilaiannya, yang jelas porsi nilai tertinggi katanya diberikan oleh psikolog. Selesai deh wawancaranya. Sampai tahap ini perkuat doa robithoh kita sambil bayangkan wajah-wajah para pengujinya. Minta Allah melembutkan hati mereka agar memberikan rekomendasi beasiswa untuk kita. Sebab keputusan kita lolos atau nggak dalam seleksi wawancara ada ditangan para penguji. Sebelum saya keluar ruangan, para penguji juga menekankan bahwa ikhtiar saya selanjutnya adalah do’a.
LGD (Leaderless Grup Discussion), di tahun 2013 juga belum ada tes ini. Jadi untuk sekedar gambaran saya share pengalaman awardee lain. Peserta dibagi dalam kelompok kecil 8-9 orang dengan 2 orang penilai (psikolog). Peserta diberikan sebuah tema untuk didiskusikan selama 45 menit, 5 menit untuk membaca artikel dan 40 menit untuk berdiskusi. Peserta berdiskusi bebas tanpa intervensi dari tim penilai. Tips dalam LGD adalah jangan terlalu pasif, jangan terlalu mendominasi, jangan menyela pembicaraan orang lain atau dengan kata lain hormati orang yang sedang berbicara. Hal penting untuk persiapan LGD adalah menguasai materinya. Dengan menguasai materi tentu kita akan lebih PD berdiskusi. Masalahnya adalah tema materi diberikan tepat saat LGD. So, sebelum tes ini harus banyak membaca berita atau isu-isu aktual. Gambaran materi LGD seperti isu tentang ujian nasional, kurikulum 2013, UU Minerba, hukuman mati untuk terpidana koruptor, HIV-AIDS, Papua, KPK vs Polri, dan kebijakan penghapusan tiket murah pesawat.

Program Kepemimpinan (PK)
Ini sesi yang paling menguras pikiran, tenaga, emosi, kesabaran, etc deh campur aduk. tapi seruu...bangets :D. katanya alumni-alumni PK sebelumnya, ini adalah program yang sangat berkesan tapi tidak untuk diulangi hehehe.... Agendanya ada seminar, akademi militer, naik gunung, kesenian, lomba social competitive, nonton film, makan-makan, diskusi, foto-foto hehe....etc. Pokoknya seru deh.




Tujuan PK adalah untuk menyamakan visi misi antara LPDP dengan awardee. Dalam kegiatan ini ditekankan bahwa mahasiswa yang kuliah di luar negeri harus pulang ke Indonesia dan berkontribusi untuk Indonesia. Program pengayaan ini dilaksanakan selama 10 hari (sepertinya sekarang waktunya lebih pendek) dan merupakan program wajib. Biaya transport PP ditanggung oleh peserta, LPDP hanya memfasilitasi akomodasi selama pelatihan. Apakah program pengayaan ada sistem gugur? Ya karena masih merupakan proses seleksi. Sistem gugur dikenakan kepada peserta yang tidak mengikuti pengayaan dan peserta yang dinilai tidak memiliki integritas. Seperti apa penilaian integritas itu sayapun kurang paham, yang jelas ada tim yang bertugas menilai peserta selama PK.
Jika gagal PK apakah masih bisa mendaftar? Inilah uniknya LPDP. Jika sudah gagal di tahap PK maka selamanya tidak bisa mendaftar lagi karena katanya sudah diblacklist. Sedangkan jika gagal di tahap I atau II bisa mendaftar lagi. Saya kira ini bukan untuk mempersulit calon awardee tapi menunjukkan bahwa LPDP memang komitmen hanya akan menjaring putra-putri terbaik Indonesia sebagai awardeenya.
Sudah dapat kan gambaran mengikuti seleksi beasiswa LPDP. Rezeki, termasuk beasiswa, Allah yang mengatur. Jadi untuk meraihnya perlu dengan ikhtiar vertikal dan horizontal :). Meminta restu dan do’a dari orang tua, bahagiakan orang tua, memperbanyak sedekah, menolong orang lain, dan optimalkan ikhtiar untuk memenuhi persyaratannya (TOEFL, IPK, LoA, dll). “Barangsiapa yang memudahkan urusan orang lain di dunia, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat.” Semoga tulisan ini bermanfaat dan semoga Allah memudahkan urusan kita.


Notes :
Jika terdapat perbedaan informasi mengenai beasiswa LPDP pada tulisan ini dengan website resmi LPDP, maka yang benar adalah informasi di website resmi LPDP http://www.lpdp.kemenkeu.go.id
Daftar perguruan tinggi tujuan LPDP http://goo.gl/IXZ0lF
Tips lolos beasiswa LPDP dari seorang interviewer (penguji) http://goo.gl/ClHLTa

Mohon maaf untuk request essai dan studi plan via email tidak saya layani karena sudah saya posting diblog ini, silahkan dicari ya :). Jikalau ada hal urgent untuk ditanyakan boleh japri via email trihanifawati@gmail.com. Email berupa permohonan contoh essai atau dokumen lainnya tidak akan saya reply. Email pertanyaan yang jawabannya sudah ada di artikel di blog ini atau di buku panduan LPDP juga tidak saya reply. So, sebelum bertanya recommended untuk membaca terlebih dahulu secara lengkap artikel di atas dan ebook panduan beasiswa LPDP yang dapat didownload dari website resmi LPDP. Thank you :)

1482 komentar:

  1. salam...
    waw...tulisanny bagus, jelas
    hmm...mba', bisa G minta tolong dikirimin contoh essayny? *anhimoon90@gmail.com* makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak boleh ga minta essay ny...saya mau coba juga (kirim ke andi_irfan198318@yahoo.co.id)

      untuk s3 DN syarat jg sama mbak?

      Delete
    2. Tulisan mbak sangat membantu saya dalam proses mendapatkan beasiswa.
      Mbak, boleh minta contoh essay-nya?
      Jika berkenan, mohon dikirimkan ke krizthyadiaz@gmail.com
      Terimakasih sebelumnya.

      Delete
  2. kalo aq bisa minta lagi donk teh?
    hahahahhahahahaa

    Christy A.L (MMA-XXVII)

    ReplyDelete
  3. salam kenal mba..
    pengalaman dan infonya sangat berguna utk saya,saya berencana mau mendaftar beasiswa LPDP. boleh saya minta contoh essay sama studi plan nya mba ke w3_rossanti@yahoo.com ?
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  4. menarik sekali mbak,saya juga berencana untuk apply beasiswa lpdp untuk tahun depan,,semoga bisa sukses juga seperti mbak..kalau berkenan,bolehkah saya meminta study plan dan essay yang mbak ajukan? ke tonythoni@yahoo.com, terima kasih banyak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu alaikum, mbak, saya tertarik banget mba... kalo boleh saya juga minta study plan sama essaynya donk mba... syukron
      email : kasurrusak23@gmail.com

      Delete
    2. Assalamualaikum mbak..
      Saya tertarik sekali mengikuti beasiswa lpdp ini. Mbak jika berkenan, minta salinan essay dan studi plan buat referensi ya. Mohon kirim ke fajar_sinyoo@yahoo.com
      Terima kasih

      Delete
  5. :3 mbak~
    boleh minta study plan + essay punya mbak dulu?
    kalau berkenan kirim ke FauzanaIsNana@gmail.com

    makasih mbaak~

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum, Met Siang, setelah membaca dengan penghayatan yang paling dalam akhirnya ku putuskan buat opini, sebenernya kemrin aku cuma iseng ngirim ke LPDP, tapi setelah di sms LPdp suruh submit data jika dah lengkap, jadi semangat lagi, minta saran tentang surat rekomendasi, seberapa pentingkah surat itu, ku munta semua data nya ya he he heee, buat baca doang, ku daftar yang program doktor, tapi ku pesimis toefl nya "££$%^^&* emailku (anafaz4@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'alaikumsalam.
      untuk surat rekomendasi penting dan sama pentingnya dengan dokumen lain. kalo boleh tahu mbak ana asalnya dari daerah mana? untuk applicant yang berasal dari daerah 3T atau yang sudah bekerja di daerah 3T LPDP memberikan keringanan untuk mendaftar tanpa harus menyertakan sertifikat TOEFL, namun pendaftarannya gak lewat online seperti pelamar reguler tapi langsung ke kampus yang ada kerjasama dengan LPDP atau japri langsung ke tim beasiswa LPDP.

      Delete
  7. ternyata ada di preparation for scholarship

    ReplyDelete
  8. wah bagus, jelas penggambaran alurnya mba:D
    saya ingin juga melihat contoh study plan + esainya, jika berkenan email saya : wawan_k_lie@yahoo.com (wawan). Terima kasih :D

    ReplyDelete
  9. detahu saya dana lpdp dari bunga....bagaimana dengan tulisan mba yang ini kalo dihubungkan dengan beasiswa lpdp http://trihanifa.blogspot.com/2013/08/beasiswa-dari-bunga-bank-halal-atau.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. really??
      tentang sumber dana beasiswa lpdp pernah ditanyakan langsung kpd tim direksi lpdp saat kami pelatihan kepemimpinan di jakarta. Saya juga menanyakan hal serupa secara langsung kpd dirut lpdp melalui twitternya (jawaban beliau masih ada di tweet saya, silahkan dibuka jika mo kroscek: di @tri_hanifa). Beliau menjelaskan bhwa sumber utma beasiswa lpdp berasal dari dana APBN hnya saja karena LPDP bentuknya BLU maka pengelolaan dana lpdp memang beda dg beasiswa lain. Lpdp mengelola dana tsb dlm bentuk investasi yg dilakukan di bank konvensional dan bank syariah. Hasil invest ini yg mungkin bercampur antara yg halal dr bank syariah dn yg haram dri bank konvensional. Saya menanyakan hukum beasiswa "campuran" tsb kpd ust nanung danar dono (beliau dulu sering mengisi kajian halal haram di radiopengajian.com). Menurut beliau jika ada kasus sprti itu hukumnya adlh mubah/boleh. Atas dasar hukum tersebut maka saya memutuskan untuk tetap mengambil beasiswa ini tentu juga dengan beberapa pertimbangan maslahat lain. Penjelasan lngkp ada di tulisan tsb, untuk penguatan juga bisa membaca buku referensi yang ada di comment saya di tulisan tsb :).

      Delete
  10. Menari sekali mbak tulisannya. Saat ini saya juga sedang mempersiapkan seluruh berkas lamaran beasiswa ke LPDP. Boleh tidak saya minta contoh essay dan study plan supaya bisa menjadi referensi?? alamat email saya ester.crew@gmail.com atau ester.fatma@stkipsurya.ac.id. Terimakasih

    ^Ester Fatma^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mbak fatma, sudah saya kirim. semoga Allah memudahkan beasiswanya :).

      Delete
  11. Terimakasih bnyak mb atas infonya. Menarik, bermanfaat tentunya.
    Mb saya boleh mnta tolong cth essay+study plan nya mba? Klau berkenan tlg krm k email saya ya sucilestari91@yahoo.com
    Trmksh semoga Allah mmbls kebaikan mb 😊

    ReplyDelete
  12. wah super sekali mbak tulisannya. saya juga sedang mempersiapkan dokumen2 yang diperlukan untuk apply beasiswa ini. Kalau boleh, saya juga ingin meminta cth essay+study plan yang mbak buat untuk dijadikan referensi ke email saya di fadhilnoerafif[at}gmail.com. mudah2an Allah membalas kebaikan mbak.

    ReplyDelete
  13. mbak nurul dan mas fadhil, request-nya sudah saya kirim. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Salam mbak tri, tulisannya menginspirasi sekal, saya jadi tambah semangat hehe, btw mbak tri apply ke universitas apa ? :)
    kebetulan saya lagi preparation untuk IELTS, sdg mencoba apply ke berbagai univ yg berkaitan dgn komunikasi hehe oia, apakah ada batasan maksimal pengetikan essay kah? kalau tidak keberatan bolehkah saya minta di emailkan contoh essay dan study plan dari mbak tri? mhn maaf ngerepotin ya mbak hehe thx before, sukses selalu :)

    email: fajarputu@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya apply ke UGM.
      untuk essay seinget saya ada batas jumlah kata, tapi saya lupa jumlah katanya.
      requestnya sudah dikirim ya, sukses selalu buat kamu :).

      Delete
  15. kren mba tulisannya. sya jg akhir tahun ini brencana aply lpdp. mau ngambil s2 akuntansi, biar sejalan dengan pekerjaan, hehe. oh ya, boleh sya minta contoh esay + study plannya (akuntansi pake juga yaaa ??) n dokumen2 kelengkapan lainnya yang relevan, sebagai referensi. ke imel : deri1986@gmail.com.
    tambahan tanya lagi mba,
    1. di form pendaftaran ada isian pengalaman organisasi di kuliah/masyarakat, itu termasuk item penting yang ditanyakan pas wawancara ya.?
    2. tips untuk lolos sleksi administrasi dong mba, soalnya bingung nngisi riwayat organisasi dan prestasi (terbatas sih)..
    makasih sebelumnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. requestnya sudah saya kirim.
      1. iya, psikolog menanyakan itu.
      2. dibagusin di toefl, essay, sama study plannya aja kalo gitu. sudah saya jelaskan di atas bagi yang dokumennya memenuhi syarat setelah itu akan dilakukan screening untuk mencari dokumen yang berkualitas karena gak mungkin dibaca satu per satu secara detail mengingat yang daftar jumlahnya ribuan.
      yang jelas seleksi administrasi itu menjadi bagian yang sangat penting karena dilakukan di awal, kalo gugur di bagian ini otomatis gak bisa lanjut ke tahap selanjutnya. anyway nyantai aja, mbak, yang penting mah dokumennya lengkap dan memenuhi syarat. riwayat organisasi di level apapun dituliskan aja, insya Allah akan bermanfaat :).

      Delete
  16. Halo Mbak Tri. Salam kenal :) Saya baru saja baca tulisannya dan sangat menarik dan lebih memotivasi saya lanjut kuliah master. Say ada pertanyaan nih, sebagai informasi saja, saya baru saja lulus s1 jurusan finance bulan agustus kemarin dan belum ada pengalaman kerja yg spesifik. Apakah pengalaman kerja sangat perperan penting dalam proses penerimaan beasiswa LPDP?
    Oh iya kalau berkenan, saya bisa lihat contoh 2 essay dan study plannya?

    Terimakasih banyak atas infonya ya , Mbak Tri.

    Email saya: ayulina.wulandari09@gmail.com

    Salam,
    Wulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mbak Ayulina :).
      LPDP tidak ada syarat pengalaman kerja mbak, yang fresh graduate juga banyak yang lolos.

      Delete
  17. Assalamu'alaikum...salam kenal mb..sy Aila, wah cerita ttg lpdpnya runut, sy jd dpt gbran yg jelas :-) inshaAlloh skrng sdng mnunggu jdwl wawancara utk wilayah Jkt periode Okt-Nov..duh deg2an sbenarnya, apalgi ttg proposal..hrs dsiapin lbh mateng brati ya hehe...dtanya ttg teknis dr proposal pnelitian kita juga y mb? Hhhft...wish me luck ..smg mjd rezeki diakhir thn 2013 ini..:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wass, salam kenal juga mbak Fitri, semoga Allah memudahkan ikhtiarnya :). saya dulu tidak ada syarat proposal penelitian, hanya study plan. jadi wawancara saya tdk sampai ke pertanyaan rencana penelitian.

      Delete
  18. Assalamu'alaikum mbak, saya Denia. Terimakasih atas tulisannya ya mbak, saya dapat pencerahan terutama mengenai tahap wawancaranya. Ada yang saya ingin tanyakan mbak, karena LPDP itu dibuka sepanjang tahun, apakah kalau kita gagal di satu tahap (misal : tahap wawancara) kemudian kita bisa langsung daftar kembali (membuka account baru dan mengajukan dari awal kembali) atau kita harus tunggu 1 tahun untuk daftar kembali?Karena perihal prosedur ini masih belum terlalu jelas. Terimakasih ya mbak, sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wass.
      sepertinya bisa mbak, dulu pernah ada yg share hal ini di grup FB dan ada yg berhasil juga. prosesnya dari awal lagi dgn akun baru. silahkan dicoba aja.

      Delete
  19. asslamualaikum, mba Tri, saya endang, saya juga berniat untuk apply beasiswa LPDP. saya juga ingin minta contoh studi plannya boleh mbk? terima kasih

    endang rahayu utochanrahayu@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Assalammualaikum mba Tri.,terima kasih atas tips dan sarannya. Salam kenal..saya Lily, saya juga berniat apply beasiswa LPDP, untuk S2 jurusan Teknik Sipil. saya juga ingin minta contoh study plannya,boleh ya mbak? atau ada ga teman mba yg bisa dihubungi atau dikirim email, yang sekarang lagi kuliah S2 Teknik Sipil dari beasiswa LPDP juga. Mohon informasinya ya mbak.terima kasih....

    leilani_lily@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wass. salam kenal juga mbak lili. untuk mencari awardee atau calon awardee yang sejurusan silahkan join di grup beasiswa LPDP aja:
      https://www.facebook.com/groups/beasiswalpdp2013/

      Delete
  21. Mbak, saya sedang proses ngumpulin dokumen untuk beasiswa lpdp. Mau tanya klo toefl kita kurang dr 550 apa boleh ya ambil universitas LN apabila kita sdh pny LoA? O iya, tolong dikirim jg donk contoh essay, study plan dan srt rekomendasi buat referensi ke arief.mustofa@gmail.com. makasih ya mbakk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dulu bisa, sekarang sepertinya tidak bisa (menurut curhat salah satu pelamar) karena sistem pendaftaran online sudah terotomatisasi, jadi jika ada dokumen yang tidak memenuhi syarat langsung direject secara otomatis. jadi sebelum daftar dipastikan semua syarat administrasi terpenuhi.

      Delete
  22. assalammualaikum mba , salam kenal :) saya sangat berminat mengikuti seleksi beasiswa LPDP kalo tidak keberatan apakah saya juga bisa minta contoh study plan dan essainya ? semoga dapat membantu , terima kasih

    email : alkaff_khodijah@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass. salam kenal juga mbak Dijah. Request sdh dikirm ya :).

      Delete
  23. Assalamualaikum mba Tri,

    Waah.. Thank u bgt for the tips... Dan tulisannya menginspirasi lho.

    Saya jg lg mau apply LPDP, tp masih bingung bgmn isi bag. Study plan n essay.
    Misalkan boleh sy minta contoh study plan + essay punya mbak dulu? kalau berkenan kirim ke donnywibowo@gmail.com

    Thanks Mba, sukses selalu
    Wass :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass. Sent ya Donny. Sukses juga buat kamu :).

      Delete
  24. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Mbak Tri, tulisannya sungguh informatif dan detail. Teruskan menulis dan berbagi, Mbak! :)

    Mbak, ada yg ingin saya tanyakan:
    1. LPDP kan memang buka sepanjang tahun, kalau saya baru akan submit dokumen (rencana studi, essai, dan surat rekomendasi masih belum rampung) akhir Desember ini, sedangkan saya mau ambil periode studi yg start Februari 2014, apakah masih bisa ya mbak kira-kira?

    2. Apakah surat rekomendasi boleh dari dosen pembimbing di S1? Apakah format suratnya harus persis sama seperti template di booklet LPDP atau boleh beda?

    3. Bolehkah meminta contoh rencana studi dan kedua essay Mbak Tri sebagai bahan referensi?

    Terima kasih, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohiya, lupa cantumkan email saya. Bisa tolong kirim ke khooonsa@gmail.com Mbak? Terima kasih banyak :))

      Delete
    2. Insya Allah, terimakasih mbak Khansa :).
      1. Insya Allah bisa mbak.
      2. Boleh. Iya formatnya harus sesuai dengan form yang diberikan LPDP. Untuk pointer pertanyaan dibuat narasi aja.
      3. Request-nya sudah saya kirim.
      Semoga Allah memudahkan ya..:), sukses selalu untuk mbak Khansa.

      Delete
    3. insyaAllah saya juga lagi prepare buat LPDP yang dalam negeri. cuma bingung untuk essai dan rencana study. berkenan ukhti buat dibantu. emailnya ariel.kahhari@yahoo.com
      jazakallah

      Delete
  25. Assalamualaikum.Alhamdulillah menemukan sharing ilmu dan pengalaman yang InsyaAllah sangat bermanfaat untuk pemburu beasiswa.
    Beasiswa LPDP keren ya, saya baru tahu kalau bisa ganti universitas kalo sudah dinyatakan lolos seleksi :D Jadi Tambah Semangat!!

    Mohon maaf mbak, apa saya bisa meminta contoh study plan dan esainya :D email saya piarnarian@gmail.com. Semoga bisa mengikuti jejak Mbak meraih beasiswa LPDP ini dan bisa berkontribusi untuk bangsa... Aamiin

    Terima kasih sebelumnya.

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass. Sent ya Rian. Amin ya Rabb, semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kamu.

      Delete
  26. Assalamualaikum, Kak Tri, saya Wuri Handayani, fresh graduate dan sedang apply beasiswa LPDP untuk S2. Terimakasih ya atas sharing ilmu dan pengalamnnya. Jika tidak merepotkan saya juga ingin minta contoh studi plan dan essay nya, boleh tidak Kak? Email saya : wuri.handayani92@gmail.com
    Semoga bermanfaat untuk saya, Terima kasih

    ReplyDelete
  27. salaaamu'alaikum,mba Tri :)
    makasih postingannya, alhamdulillah bermanfaat,btw saya minta tolong dikirim juga contoh2 essay dan study plan ke email saya : sirniawati@gmail.com,makasih
    salam kenal,Nia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass. Salam kenal juga Nia. Requestnya sdh dikirim ya. Sukses selalu buat kamu :).

      Delete
  28. assalamualaikum.wr.wb. mba tri.. saya minta contoh studi plan dan essay nya juga ya mba ^_^ .. ini email saya mynasheed18@gmail.com syukran jazakillah khair

    ReplyDelete
  29. Assalammualaikum Mba , salam kenal :) saya sangat berminat mengikuti seleksi beasiswa LPDP kalo tidak keberatan apakah saya juga bisa minta contoh study plan dan essainya? Terima kasih banyak Mba.

    email : snovianoor@yahoo.com

    ReplyDelete
  30. Mba, boleh liat study plan sama essainya? email : avecena08@yahoo.com

    ReplyDelete
  31. Subhanallah bagus sekali tulisannya Mbak.. ini saya sedang coba apply. tapi sedikit kabur dngn essay dan study plannya. boleh Mbak dikirim ke email saya cuma utk gambaran saja. ini email saya: ferhattferhat@gmail.com
    Untuk wawancaranya full engglish atau bagaimana? trus utk penghargaan apa juga diminta sertifikatnya sewaktu wawancra sebagai bahan bukti? terimaksih jwabnnya Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ambil beasiswa dalam negeri jadi wawancara pakai bhs Indo :). Jika ambil beasiswa LN disiapkan aja.

      nanti diundangan wawancara akan dijelaskan dokumen2 asli apa saja yang harus dibawa.

      Delete
  32. Salam,

    posisi saya sekarang diluar negeri(norwegia) dan menetap di sini, masih memungkinkan kah mendaftar?
    saya kan daftar ke university of oslo, next autumn nanti
    kalo boleh saya mau minta contoh essay dan budget nya :)
    mohon dikirim ke hyunzas@yahoo.co.jp

    salam hangat dari oslo

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, pak. silahkan segera mendaftar. wawancaranya bisa dilakukan via conference. tapi kalo pengayaan harus pulang ke Indo.

      essay sdh saya kirim. salam hangat juga dari yogyakarta (ditengah suhu dingin musim hujan) :).

      Delete
  33. mba, bedanya penghargaan sama prestasi itu apa ya?
    kok keknya sama aja?
    saya lagi coba ngisi aplikasi abisnya
    terima kasih banyak
    sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. prestasi itu hasil yg dicapai terhadap kegiatan atau apapun yg dilakukan.

      kalo penghargaan itu sesuatu yang diberikan kepada individu/kelompok ketika mereka suatu keunggulan dibidang tertentu. jadi kalo penghargaan biasanya ada bukti fisik (materi/non materi).

      CMIIW

      Delete
  34. Halo salam,

    Jujur tadiya sudah sepet putus semangat buat kejar beasiswa ini, namun setelah baca blog ini jadi timbuk niatan untuk coba.

    mba, saya mau taya kalau untuk fresh graduated student kemungkinannya berapa persen yah untuk dapat beasiswa master s2 di luar negerinya?
    lalu kalau toefl saya toefl ITP bisa gak yah ? kalau untuk score sudah lebih dr cukup sih.

    oh iya, kalau mba bekernan, saya juga mau dong contoh essai dan research plan nya. dewa_kertha@yahoo.co.id
    terima kasih yah.

    eh iya, itu rencana studi itu haya research plan yah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. parameter penilaian LPDP bukan pada lamanya waktu kelulusan, jadi fresh graduate atau bukan tidak mempengaruhi standar penilaian. siapapun yang memenuhi kriteria LPDP memiliki probablititas yang sama utk lolos seleksi.

      Iya sertifikat TOEFL yang sekarang lebih ketat, harus ITP atau iBT TOEFL.

      study plan dengan research plan beda mas. tapi di dalam study plan memang ada diceritakan secara singkat rencana risetnya.

      Delete
  35. assalamualaikum. mbak dwi, tuliaannya sangat menginspirasi. saya mau tanya, adakah prioritas yang diterima antara yg sudah mendapatkan LoA dan belum? saya masih bingung sebaiknya kejar LoA. univ dulu atau langsung apply LPDP nya? mohon masukannya mbak. Saya juga minta dikirim study plan dan essay mbak dwira ke alamat ini ya elfausta354@gmail. com. Jazakillah khoyr:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wass. mbak safina mohon maaf nama saya belum ganti ya....sejak kapan saya punya nama Dwi? :'(

      sama seperti jawaban di atas siapapun yg memenuhi kriteria LPDP memiliki peluang yg sama utk lolos seleksi. saran saya apply beasiswanya dulu saja baru apply ke Univ supaya lebih leluasa memilih Univ terbaik.

      Delete
  36. selamat pagi, salam Kenal Mbak Tri. saya di NTT dan sangat tertarik utk ikut LPDP. kalau saya boleh tau, wawancaranya biasa diadakan dimna, dan kalau sdh lulus tahapan seleksi beasiswa, yang mengurus pendaftran di perguruan tinggi Tujuan , kita sendiri atau pihak LPDP.??? kalau berkenan, sy mau mnta contoh study plan dan Essay. tolong kirim ke fredioky@yahoo.co.id. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas Freddy

      wawancara dilakukan di beberapa kota besar. mas Freddy bisa memilih lokasi yang paling dekat dengan domisili saat ini. yang mengurus pendaftaran ke Univ kita sendiri karena di univ juga biasanya ada ujian lagi atau minimal seleksi dokumen, tergantung kebijakan univ yg dituju.

      btw NTT nya dimana? kalau itu masuk daerah 3T bisa ambil beasiswa afirmasi LPDP syaratnya lebih ringan terutama utk IPK dan TOEFL. daftarnya langsung ke kampus yg ada afirmasi dengan LPDP atau langsung daftar ke tim beasiswa LPDP. cek info wilayah 3T disini http://um.ugm.ac.id/2013/home.php?title=page&p=130416

      request sdh dikirim. jika ingin lebih tahu banyak ttg beasiswa afirmasi LPDP japri aja via email ya.

      Delete
  37. Assalamu'alaikum. Mbak Tri, tulisannya inspiratif sekali. memberikan pencerahan. tp sy ada beberapa pertanyaan mbak,
    1. ketika usia studi S1 kita lama (ampe 7 tahun misalnya), apakah itu bisa menjadi kendala? (terutama ketika sesi wawancara)
    2. kalo pindah jurusannya rada ekstrim gimana ya? misalnya dari Sosiologi ke Pendidikan Agama Islam. adakah rekan seleksi mbak yang seperti itu? jika ada, lolos dak temennya? hehehe

    Jika mbak berkenan, mohon dikirim contoh studi plan dan essay mbak ya. akh.deff@gmail.com
    Jazakillah Khairan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'alaikumsalam.
      1. tidak ada kendala untuk lama study yang penting usia saat daftar tidak lewat dari deadline LPDP (35 tahun untuk daftar S2 dan 40 tahun untuk daftar S3).

      2. gak masalah. sayapun esktrim itu pindah jurusannya dari MIPA (kimia) ke manajemen agribisnis (belajarnya ekonomi). siapkan aja jawaban yg logis dan realistis untuk wawancara karena alasan lintas jurusan itu pasti ditanyakan.

      Delete
  38. Permisi,boleh minta study plan sama essaynya nggak? :D
    Inspiratif sekali ceritanya
    Muhammadiqbalsurya@gmail.com ini alamat email saya :) ...
    Iqbal

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum Mba Tri Hanifawati,
    terimakasih sekali karena sudah berbagi mba, dan ada yang ingin saya tanyakan. Pada dokumen penerimaan dikatakan kalau mau belajar ke LN toefl nya harus PBT/IBT sementara saya hanya ada yg ITP mba, kl menurut mba sebaiknya apa saya submit buat ke dalam negeri saja dan baru bila diterima pindah univ? karena kalau menunggu IBT harus menunggu cukup lama dan cukup mahal, sementara PBT sdh tidak ada di indo.
    Terimakasih banyak mba sebelumnya,
    Dan jika mba berkenan, saya mohon dikirim contoh studi plan dan essay yg membawa mba lulus beasiswa ini ^^ makasih lagi mba

    wass
    Ghea (geanisavianda@rocketmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wass.
      saran saya sebaiknya submit utk beasiswa DN dulu aja sambil disiapkan toefl untuk apply ke kampus yg dituju karena biasanya di univ LN ada syarat score TOEFL juga yg mungkin saja score yg diminta lbh tinggi dari score LPDP. kalau untuk calon awardee tahun ini masih diperbolehkan pindah Univ lintas negara.

      Delete
  40. Assalamualaikum wr.wb...Selamat Pagi Kak Tri...salam kenal Kak... :D
    Tulisan Kak Tri sangat Bermanfaat...Semoga Allah membalas kebaikan Kak Tri,Amin.
    Kak,aku boleh minta jg essay dan study plan yg dlu Kak Tri ajukan? Mohon dikirim ke email "fahadaldirama@gmail.com". Terima Kasih banyak Kak Sebelumnya. :D

    ReplyDelete
  41. Saya sangat terkesan dg tulisannya Kak..terimakasih telah berbagi.
    Kalau diijinkan, saya juga mau minta contoh essay dan study plan yg Kakak ajukan dulu,
    email: adi.mhrdika@gmail.com
    Terima kasih banyak sebelumnya :)
    Salam..

    ReplyDelete
  42. Sangat menarik tulisannya, jadi termotivasi untuk ikutan.
    kalau berkenan, boleh saya minta contoh study plan dan essaynya.
    email: saifulamin88@gmail.com
    Thanks:
    Salam Ukhuwah

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum mbak Tri, beberapa bulan ini saya memantau beasiswa ini dari websitenya langsung maupun gruop di FB, saya bolak balik melihat beberapa syarat untuk mendapat beasiswa tersebut, tapi terus terang saya ragu karena saya kurang pengalaman dalam berorganisasi/berkecimpung dalam masyarakat serta ga ada prestasi, menurut mbak apakah mungkin saya mendapatkan beasiswa ini dengan latar belakang tersebut? mohon jawabannya, serta jika mbak Tri berkenan saya minta studi plannya, serta 2 essay yang menjadi syarat LPDP, Salam. (emal saya: abdulgaffar1988@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass.
      tidak ada yang tidak mungkin jika Allah berkehendak, mas abdul, rezeki itu Allah yang atur. saran saya apply saja, perkara nanti lolos atau enggak serahkan aja semuanya sama Allah, yang paling penting untuk kita lakukan adalah ikhtiar dan do'a.

      Delete
  44. Assalamualaikum Mbak Tri Hanifawati, saya Ahmad Yulianto

    Saya ingin sekali studi Master di luar negeri dengan beasiswa LPDP, namun skor IELTS saya saat ini adalah 6.0, sedangkan kalau ketentuan LPDP untuk beasiswa ke luar negeri 6.5
    Menurut saran Mbak Tri, apakah saya sebaiknya apply untuk Magister dalam negeri, baru setelah diterima di LPDP tes IELTS lagi dan apply di Universitas luar negeri? Apakah langkah tersebut saat ini masih diperbolehkan di LPDP?

    Selanjutnya, untuk surat rekomendasi yang diminta oleh LPDP, apakah harus diisikan oleh Rekor universitas kita sebelumnya (seperti beasiswa lainnya) ? atau boleh Dekan atau pejabat lain? Kemudian apakah format surat rekomendasi yang disediakan oleh LPDP hanya diisi saja dengan tulis tangan, atau boleh dibuat oleh pihak universitas dengan kop universitas?

    Apabila berkenan, mohon saya juga dikirimi surat rekomendasi, beserta study plan dan essay milik Mbak Tri yang dulu gunakan pada saat apply LPDP. Mohon maaf merepotkan dan saya ucapkan terimakasih atas informasi dari Mbak Tri.

    Salam sukses,

    Ahmad Yulianto
    (email: yulian.prof@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'alaikumsalam
      seperti saran saya utk pertanyaan di atas yg serupa, silahkan daftar untuk beasiswa DN dulu. sejauh ini masih diperbolehkan utk pindah univ ke luar negeri.

      surat rekomendasi bisa dari pejabat kampus atau dosen yang mengenal kita, kalo bisa dapat rekomendasi rektor lebih baik. surat rekomendasi diketik ulang, saya dulu kasih soft copy nya kepada orang yang saya mintai rekomendasi. surat rekomendasi saya karena dari pejabat instansi jadi dilengkapi kop surat dan stempel.

      Delete
  45. wah mbak tulisannya bagus sekali dan bermanfaat. bahkan saya baru tahu kalo ada beasiswa lpdp ini dan saya berencana apply tahun depan untuk S2. hehe.
    mbak, boleh minta tolong dikirimin contoh study plan dan contoh essay nya ke vickyjasminep@gmail.com ? terimakasih sebelumnya mbak :)

    ReplyDelete
  46. Assalamu alaikum..
    Mba tulisanx jlas,,,, boleh minta dikirimin contoh essay ? Wahyuni3789@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Hi Mbak Tri,

    Terimakasih atas sharing tulisannya yang sangat inspiratif. Saya juga berencana untuk mendaftar beasiswa LPDP ini dan saat ini sedang mempersiapkan kelengkapan dokumennya. Apakah saya boleh minta tolong untuk dikirimi contoh essay dan study plan mbak sebagai referensi? Email saya: migusti88@yahoo.com
    Terimakasih sebelumnya yah mbak

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum,
    Terima kasih sudah berbagi informasi berharganya mba Tri hanifawati, perkenalkan nama saya Jo, saya berencana ambil bagian juga di beaiswa ini, namun masih terkendala dgn kurangnya kemampuan menulis dan persiapan berkas lainnya..
    Mengenai contoh essay dan study plan mba Tri boleh sya baca,?
    Mohon maaf mba ini email saya, ejoimandeka@gmail.com

    Terimakasih sblumnya mba, smoga mnjadi amal jariah..amin :)

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum,
    akhirnya saya menemukan tulisan tentang beasiswa LPDP ini. sebelumnya masih minim yang mereview tentang beasiswa ini. Salam kenal mba..

    Saat ini saya juga sedang mempersiapkan berkas2 untuk pendaftaran mba. tapi sama dengan kawan-kawan yang lain, saya terkendala dengan essay serta rencana studi yang disyaratkan. jika berkenan, saya minta tolong untuk dikirimi contoh essay dan rencana stud mba sebagai referensi. email saya : ade.firmansyah02@gmail.com

    Terima kasih banyak sebelumnya mba Tri.

    ReplyDelete
  50. chanmaro3@gmail.com3 January 2014 at 23:00

    Assalamualaikum, salam kenal mba aku maro, insya allah aku juga maw ikut beasiswa ini sebagian sh aku udah buat sprti essay tapi aku masih bingung di rencana studi , jika diperbolehkan saya minta tolong untuk dikirimkan essay dan rencana punya mba sebagai referensi ke email chanmaro3@gmail.com, trimakasih mba sebelumnya semoga kebaikan mba yang mempermudah dan menolong teman2 mendpat balasan yang indah dari allah,,aminn ^^

    ReplyDelete
  51. Salam kenal dan hormat mbak, saya Andre Saleky dari Prov. Maluku
    Saya bersiap - siap untuk mau mendaftar beasiswa LPDP. boleh kah saya minta contoh essay sama studi plan nya mba.
    Kalau boleh mbak, mohon di kirim ke andre.saleky@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya mbak.
    Salam dari Timur Indonesia.

    ReplyDelete
  52. Assalamualaykum...
    salam kenal mb tri, terimakasih banyak sharingnya, luar biasa bermanfaat dan memotivasi:) Mba Tri boleh minta kirim juga tdk contoh essay dan study plan nya?:)kalo boleh bisa kirim ke santikusumaharti@gmail.com
    terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  53. Assalamu'alaykum
    Perkenalkan saya salsabila mba, tulisannya sangat menarik dan smoga dapat menjadi motivasi bagi saya untuk mencoba mendapatkan beasiswa LPDP ini :) kalau boleh saya juga ingin minta tolong untuk mengirimkan essay dan study plan mba tri ke salsabila.benazir@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya mba, smoga kbaikannya di balas oleh Allah swt,
    Wassalam

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum mbak Tri gmn kabarnya ? sy Ifa dulu satu kos ma mba Darsih di kos Qonita, ustdzh Ulfi. Sy mo tanya, sy pernah dengar dari teman kalo PT Kemenag (UIN) kurang mnjdi prioritas dr Lpdp? benar tidak mbak? sy thun ni berencan ambil S2 PAI di UIN SUKA, dan mo mndaftar beasiswa lpdp, kira2 prospeknya bgmana mbak? dan kalo boleh minta essay n study plan punya mbak Tri ke hanif.bee@gmail.com...jazakillah khoiron atas infonya. wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam. alhamdulillah baik Ifa.
      berdasar hasil seminar outlook beasiswa LPDP bbrpa bulan lalu memang ada wacana kalo beasiswa LPDP diprioritaskan utk tiga bidang yg mendukung MP3EI, yakni teknik, sains, dan pertanian. sosial keagamaan tetap dibutuhkan sebagai bidang pendukung. jadi silahkan mendaftar saja. yg tujuan PTAI banyak yg lolos seleksi ko.

      Delete
  55. Assalamu'alikum. maaf apakah mb tri alumni UIN Yogyakarta? saya Arip Dwi Iskandar alumni juga. Informasi tulisannya sangat menarik dan inspiratif. Saya sedang nyoba ikut beasiswa LPDP untuk S3 kebetulan kampus sudah membolehkan. Kira2 mb tri ada kenalan yang lulus LPDP Program S3? bisa dihubungkan ke bliau? Wassalam. arif.itisme@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wrwb.
      iya Arif, saya alumni fakultas sains dan teknologi. saya ada kenalan mahasiswa S3 awardee LPDP. saya ijin dulu ke beliau ya.

      Delete
  56. Halo Mba Trii...
    saya amalia, mau coba juga buat apply.
    sekarang masih coba susun kelengkapan administrasinya.
    boleh bantu di share contoh surat rekomendasi, study plan, sama essay nya?
    maaf ya mbak merepotkan, ini email saya, lia.perdata@yahoo.com
    terimakasih sekali atas sharingnya..

    salam,
    lia

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. hi..mbak tri
    jd lbih termotivasi untuk apply LPDP :)
    bs minta tolong kirimin contoh Essay & Study plan milik mbak tri ya.
    sy tunggu mbak. trimksih sblumnya.
    guzreef@gmail.com

    ReplyDelete
  59. boleh minta contoh esay sama studi plannya mb, nurdany25@gmail.com
    trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  60. Asw. saya Muh. Taufiq dari Makassar, boleh minta study plan dan essay punya mbak dulu? kalau boleh kirim ke muhammadtaufiq149@ymail.com
    terimkasih sebelumnya dan sesudahnya mbak.

    ReplyDelete
  61. Terimakasih bnyak mb atas infonya. Menarik, bermanfaat tentunya.
    Mb saya boleh mnta tolong cth essay+study plan nya mba? Klau berkenan tlg krm k email saya ya zenzone96@yahoo.co.id

    By : ZENI SUTRISNO

    ReplyDelete
  62. Hi Mbak Tri,

    Terimakasih atas sharing tulisannya yang sangat inspiratif. Saya juga berencana untuk mendaftar beasiswa LPDP ini dan saat ini sedang mempersiapkan kelengkapan dokumennya. Rencananya, insya Allah, mau ke UGM. Apakah saya boleh minta tolong untuk dikirimi contoh essay dan study plan mbak sebagai referensi? Email saya: khalid.zuhri@yahoo.co.id

    Terimakasih sebelumnya yah mbak

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum, Artikel yang sangat membantu sekali mba tri.
    Kebetulan saya juga berencana untuk mengajukan beasiswa LPDP,
    Boleh saya meminta study plan dan essay nya mba sebagai referensi saya dlm pengajuan dokumen.
    Ini Email saya : ryal.fuaddani@gmail.com

    Terima Kasih banyak ya

    ReplyDelete
  64. Asslamualaikum, mba tri...
    tahun ini sya berencana ingin mengikuti beasiswa LPDP ini,, kalo boleh dan berkenan,, apakah sya bsa melihat contoh srat rekomendasi, study plan, dan essay nya sebagai referensi? saya juga ingin bertanya apakah selain srat rekomendasi dibutuhkan jga srat rektorat seperti ketika ingin mengajukan dikti? terima kasih mbak.
    (reinny.devi@gmail.com)
    Wassalam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wrwb
      cukup surat rekomendasi sesuai format dari LPDP.

      Delete
  65. Assalamualaikum mbak,
    saya mau bertanya apakah untuk beasiswa LPDP program magister DALAM NEGERI apa bila telah lolos seleksi wawancara harus memiliki LOA dan harus mengikuti lagi ujian seleksi di universitas yang kita tuju ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wass. sudah saya bahas dalam tulisan di atas, coba dibaca lagi tahapannya.

      Delete
  66. assalamualaikum
    mbak, kirimin ke q juga ya study plan sma cnth essainya,,, thnks berat
    edogawaconan24@ymail.com

    ReplyDelete
  67. Halo mbak :) boleh saya minta contoh study plan dan essai-nya?Akan sangat berguna bagi saya dan semoga Tuhan membalas kebaikan mbak. Terimakasih banyak sebelumnya. Salam.
    deniapermatasari@gmail.com

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum Mba Tri, nama saya Alma, saya berencana untuk melanjutkan program magister dan mau daftar beasiswa (insya Allah) ke luar negeri melalui LPDP, boleh Mba Tri share ke saya contoh rencana studi dan essay nya tidak (i promise no copyright infringed in such case hehe) ? kalau mba bersedia ke email saya: almania.r@gmail.com .. Salam kenal dan terima kasih

    ReplyDelete
  69. galih ryan fawzie13 January 2014 at 11:40

    mba kisahnya sangat inspiratif memberikan saya semangat untuk dapet beasiswa lpdp, mba boleh minta essaynya buat referensi,,, alamat emai saya: galihryan91@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Assalamualaikum Mbak Tri,
    Terimakasih untuk tulisannya, sangat membantu sekali. Bolehkah saya meminta contoh study plan dan essay nya? Email saya juwitafitra@gmail.com.
    Salam.

    ReplyDelete
  71. Assalamualaikum mb,
    boleh saya juga ikutan minta contoh study plan dan essaynya, terimakasih banyak sebelumnya mb... :) me_7e_7y@yahoo.com

    ReplyDelete
  72. Assalamu'alaikum Wr. Wb, salam kenal mbak tri, saya Alvin Rindra Fazrie. .
    Saya juga sedang dalam proses pengisian dokumen mbak, klo boleh saya mau lihat study plan dan essaynya mbak tri untuk reference. .
    Vielen Dank mbak,
    alvinrindra@gmail.com
    http://alvinrindra.avtione.com

    ReplyDelete
  73. Salam kenal
    Mba, tolong dong...
    boleh saya minta contoh essay sama studi plan nya mba ke latifahihsan@gmail.com ?
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  74. Asslamu`akaikum
    Salam kenal mbak
    Mbk bisa minta contoh esaay dan studi plannya mbak....
    Klo boleh kirim ke sabrinachairani1988@gmail.com
    Makasi sebelumnya mbak...

    ReplyDelete
  75. Selamat Pagi Mbak Tri.
    Saya Welly dari Jakarta.
    Ulasan Mbak tentang LPDP ini sangat lugas.
    Tahun ini saya ingin ajukan berkas saya ke LPDP.
    Tapi masih terbentur dengan isian study plan (aka gk tau harus ngisi apa n bagaimana :))
    Mohon bantuan dari Mbak Trihanifa untuk bentuk essay dan study plan yang pernah mbak Trihanifa buat.
    Email saya di lypunanjar@gmail.com
    Mohon bantuannya dan terima kasih.

    ReplyDelete
  76. Wah jelas sekali mbak Penjelasannya :) Selamat ya mbak atas beasiswa LPDPnya. Kalau boleh tahu mbak sendiri Apply di Universitas mana? :)

    Saya juga ingin review beasiswa ini nanti mbak.. Tapi masih writer's block ini. Hahahah.. :)

    Bila ada waktu mampir ke website saya ya mba:

    www.tarapuri.com

    ReplyDelete
  77. Assalamualaikum mbak..saya tertarik dengan tulisannya dan ingin mencoba mendaftar LPDP juga, apakah boleh sya minta contoh esay + study plannya serta dokumen2 kelengkapan lainnya yang relevan..melalui email: dyahdedari@gmail.com..jazakallah

    ReplyDelete
  78. Assalamu'alaikum, mbak saya ika dari sidoarjo...
    mbak terimakasih sudah mau berbagi pengalaman n tulisannya keren banget. saya jg brencana aply lpdp. tapi sy masih bingung mbak, klu mbak berkenan boleh sya minta contoh esay, study plannya dan dokumen2 kelengkapan lainnya yang relevan, sebagai referensi saya. email saya : ika.putri.sabilah@gmail.com
    tambahan tanya lagi mbak,
    1. untuk mengetahui kapan mulai pendaftaran saya harus liat dmn mbak?
    2. tips untuk lolos sleksi administrasi juga mbak, soalnya bingung mau ngisi riwayat organisasi dan prestasi (masih sagt terbatas)..
    makasih sebelumnya mbak :) n mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. pendaftaran beasiswa lpdp dibuka sepanjang tahun, kalopun webnya sulit diakses biasanya karena pendaftar yg overload. silahkan dicek di beasiswa.lpdp.org
      2. hehe...tips lolos seleksi administrasi udah saya bahas di atas mbak. kalo utk ngisi CV mah apa adanya aja.

      Delete
    2. terimakasih mbak atas bantuannya :)

      Delete
  79. assalammualaikum..
    salam kenal :)
    mba tri saya ingin bertanya, saat ini saya sudah menjalani 1 semester di UI jurusan Kesehatan masyarakat, apakah mash bisa berpeluang untuk bisa mendapatkan beasiswa magister LPDP ini..
    jika berkenan apa saya boleh dikirimkan contorh proposal dan essaynya mbak, ke elia.ayun@gmail.com
    satu lagi, untuk TOEFL apa harus bersertifikat ITP dan harus 500 untuk PT di Indonesia..
    terimakasih banyak apabila mba berkenan membalas posting ini.. trims.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahasiswa yang on going hanya bisa mendaftar untuk beasiswa tesis dan disertasi, kalo untuk full magisternya tidak bisa.
      iya TOEFL ITP, skor minimal 500 untuk DN.

      Delete
  80. Assalm alaikum mba'. salam knal..tuliaan mba' keren. Mba' ak jg minta dokumen2 kelulusan mba dong. Maksih mba.

    ReplyDelete
  81. Askum....agak telat mbak...tulisan yang awesome sekali....boleh minta dokumen essay nya mbak...ini email saya...kianishtar@gmail.com..suwun

    ReplyDelete
  82. aslmkm.
    mbak boleh kah sy dkirimi contoh rencana study nya?
    sy masih bingung antara essay n rencana study
    ini email sy,
    rudi.uha06@gmail.com

    ReplyDelete
  83. Saya Suwarti..
    Maaf mba, saya ingin melihat contoh essay rencana studi untuk beasiswa LPDP..
    email saya: suwarti.shubuh@yahoo.com
    terima kasih..

    ReplyDelete
  84. aslkm... tulisannya bagus mba,, kalo berkenan boleh saya ingin melihat contoh essay dan study plan nya... ini email saya : delahhaaii@gmail.com
    terimakasih..

    ReplyDelete
  85. Dear Mbak Tri,
    Thanks untuk sharingnya. Pertama kali saya denger tentang beasiswa LPDP rasanya saya udah ngerasa nggak masuk kualifikasi, tapi dengan baca tulisan ini saya jadi semangat lagi.. Makasih ya.. Oya bolehkah minta tolong dikirimi contoh study plan dan essaynya ke alamat email monika.kristputri@gmail.com. Makasih sebelumnya mbak :)

    ReplyDelete
  86. mba contoh study plan dan essaynya ke alamat email riozx125@gmail.com. Makasih sebelumnya mbak

    ReplyDelete
  87. assalamu'alaikum mbak tri, bolehkah saya minta contoh study plan dan essaynya ke email saya : mr.hendry@gmail.com. terima kasih sebelumnya
    wassalam

    ReplyDelete
  88. assalamualaykum mba, wah, selamat y mba lulus sebagai salah seorang penerima beasiswa LPDP, saya juga tertarik untuk mencoba daftar beasiswa LPDP. saya boleh minta contoh study plan sama essaynya mba, kalo boleh, mohon kirim ke e-mail ade.edwar82@gmail.com. terima kasih sebelumnya mba.

    ReplyDelete
  89. Assalamu'alaikum,
    Kakak, saya siti ulfah..,
    Kak, saya juga sedang berikhtiar untuk bsa lolos beasiswa LPDP ini, bolehkan sya minta contoh berkas2 yg harus di upload ke LPDP? kalau boleh punten kirim ke sitiulfah2paradise@gmail.com

    Thx bfore ya Kak, oia, mau nanya juga terkait surat pernyataan penerimaan beasiswa magister, itu ada pilihan Naam nama, PT, (nah itu di isinya, PT S1 atau PT yg mau qt tuju berikutnya S2 ya?). masih belum paham,
    Yhanks ya Kak..,

    ReplyDelete
  90. Assalamualaikum...

    salam kenal mb tri, saya Mike dari Blitar. terimakasih banyak sharingnya, luar biasa bermanfaat dan memotivasi:) Mba Tri boleh minta kirim juga tdk contoh essay dan study plan nya?:) kalo boleh, minta tolong kirim ke email saya mbak: rahayu_mike@yahoo.co.id

    terimakasih :))

    ReplyDelete
  91. Assalamualaikum..

    Ceritanyanya sangat inspiratif, sehingga membuat saya bersemangat sekolah lagi. kalo berkenan saya ingin juga melihat contoh study plan + esainya, email saya : nunulutfi@gmail.comTerima kasih

    ReplyDelete
  92. Assalamu'alikum, wr. wb . Nama saya Ilma. Informasi tulisannya sangat menarik dan inspiratif. Saya jg mau mencoba ikut beasiswa LPDP untuk S3. Walaupun begitu kalau Mb Tri berkenan, saya mau melihat contoh study plan dan essay Mb. Dan Mb Tri ada kenalan yang lulus LPDP Program S3? bisa saya dapat informsi bliau? Wassalam. Ilmazurkasi@gmail.com

    ReplyDelete
  93. Salam.. mba
    Thank... atas tulisannya, sangat mmbantu banget wt Q
    mba, maaf...bisa G minta tolong dikirimin contoh essayny? *firmansyah_yan@yahoo.com* makasih mba

    ReplyDelete
  94. Assalamualaikum..

    saya sangat tertarik dengan tulisan mbak dan tertarik juga dengan beasiswa dari LPDP ini. kalo mbak berkenan saya ingin melihat contoh study plan + esainya mbak, email saya : irfanapank@rocketmail.com
    dtunggun mbak,,Terima kasih..

    ReplyDelete
  95. aslkum, mbak saya boleh minta essay dan study plan mbak? ke hasanahulfa21@yahoo.co.id, makasih mbak

    ReplyDelete
  96. ass wr wb..
    sangat menarik sekali tulisannya mbak...sebelumnya saya acungin jempol buat mbak yang bisa memotivasi banyak orang dan juga menginspirasikembali semangat melanjutkan pendidikan. tak terkecuali dengan saya, selesai membaca tulisan mbak ini saya bersemangat kembali....kalau mbak berkenan, bisakah utnuk mengirim contoh essai dan study plan yang sukses itu mbak, email saya : marisaaja880@gamial.com.
    sebelumnya saya hanturkan terimakasih mbak

    ReplyDelete
  97. Assalaamu'alaikum Wr. Wb.
    Inspiratif dan sangat menarik sekali tulisannya mba'. Seperti halnya mba', saya juga berencana mendaftar beasiswa ini dengan program studi yang tidak linier dengan S1 saya. Saat ini saya sedang menyiapkan persyaratan-persyaratan yang diperlukan, jika mba' nya berkenan, bolehkah saya meminta contoh essai dan studi plan sebagai referensi yang bagus ?.
    Alamat emailnya fashel.af@gmail.com. Semoga barokah dan terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  98. Assalammualaikum Mba Tri Hanifawati..
    Artikelnya menarik dan bermanfaat, jelas terlihat dari banyaknya pembaca dan komentar. Banyak yang senang juga karena Mbak mau berbagi tips jitunya. Terima kasih. Tapi Btw tidak dijelaskan di artikel Mba ambil kuliah dimana? Dalam or luar negeri?

    Saya juga tertarik untuk ikut program doktor nya kapan2, masih siap2 dulu. Boleh minta tolong sharing study plan dan essay nya, juga contoh surat rekomendasinya juga Mba, untuk referensi dan pembelajaran. Kalau boleh, tolong share ke : danieleffendi29@gmail.com. Terima kasih sebelumnya. Dan satu lagi, daerah 3T yang Mbak maksud apa ya? dimana saja? Kebetulan saya skrg bekerja di kepulauan selayar Sulsel. Termasuk 3T kah? Terima kasih banyak. Barakallahu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb. Saya ambil program magister dalam negeri, pak.

      Untuk wilayah 3T pak Daniel bisa lihat disini:
      http://um.ugm.ac.id/2013/home.php?title=page&p=130416

      Delete
  99. assalammu;alaikum......terimakasih untuk tulisannya yag mencerahkan ...apakah mba berkenan untuk memberikan contoh essay ke email lilien.fauzi@gmail.com....jazakillah khoir

    ReplyDelete
  100. Assalamualaykum mbak Tri. Salam Kenal, saya Resty di Palembang. Kalau tidak keberatan, saya pengen sharing dengan mbak seputar beasiswa ini... Boleh minta tolong kirimkan study plan, essay dan surat rekomendasinya? Kalau boleh, kirim ke : styannisa@gmail.com.
    Saya lulusan baru, siapa tokoh masyarakat yang bisa memberi rekomendasi pada saya, mbak? Pak Camat atau siapa?
    Terima kasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wrwb. lpdp tidak kasih kriteria tokoh masyarakatnya, usul saya minta kepada tokoh yang cukup dekat hubungannya dengan mbak resty dan beliau tahu kapasitas mbak resty. karena isi surat rekomendasi salah satunya menjelaskan dalam kapasitas apa applicant kenal dgn pemberi rekomendasi dan berapa lama kenalnya.

      Delete
  101. Assalamu'alaikum Mbak Tri. Saya marni di Jakarta. Kebetulan saya juga sedang apply ke LPDP. Saya berencana mengambil S2 Magister Managemen, ga linier dengan S1 saya yg backgroundnya Teknik elektro. Saya sebelumnya apply S2 linier tetapi unit kerja saya yang baru tidak mendukung. Jadinya saya susun lagi rencana study dan essay. Jika mbak berkenan, mohon share study plan dan essay ke: shyra.chan@gmail.com sebagai referensi saya. Trimakasih banyak mbak tri. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya terima mbk tri. Trimakasih banyak. ^^

      Delete
  102. Halo mbak Tri. salam kenal ya. tulisannya membantu sekali. saya juga sedang proses menggapai cita-cita sekolah lagi. kalau berkenan boleh tolong kirimkan study plan dan essay nya mba ke zalukhuandrew@yahoo.com.

    terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  103. Tulisannya bagus mba, selamat atas Beasiswa LPDP.nya.. Semoga sy jg bs seperti mba, aminn.. Jika berkenan boleh minta contoh rencana studi dan essay.nya? Di adriani_fatma@yahoo.com.. Trm kasih mba

    ReplyDelete
  104. mbak kok saya log in tp d blg password salah mulu?
    oh iya mbak sy jg minta essai dan studi plan buatan dri mbak yaa, kali aja berkah, ini email saya mbak, arianitaliaanwar@ymail.com

    ReplyDelete
  105. Saya sangat senang atas kesempatan mba untuk berbagi pengalaman dgn kami. namun saya masih kesulitan untuk membuat essai dan study plan. mohon dengan sangat contohnya mba spaya dikirim saja ke email saya. abdulrazakyunus0@gmail.com

    ReplyDelete
  106. Assalamualaikum,,,,senang bisa mengetahui pengalaman mbak, sangat informatif dan menarik. Saya berharap bisa lolos beasiswa ini tahun 2014. Jika berkenan apakah saya boleh meminta contoh essay dan study plan nya? Email saya: Brantha_Werkudara@yahoo.com Terimakasih, Broto Seno..........

    ReplyDelete
  107. Selamat siang Mbak Tri, perkenalkan nama ku Lenny. Aku saat ini juga sedang berencana untuk apply beasiswa LPDP ini. Terima kasih atas blognya yang sangat berguna tulisannya. Aku jadi makin pengen mencoba. Oh iya kalau boleh Mbak, aku mau minta tolong dikirimkan essay dan contoh rencana studi Mbak boleh kah? karena mungkin akan berguna sebagai contoh untuk penulisan rencana studi dan essay saya. Terima kasih Mbak Tri. Sukses selalu!

    ReplyDelete
  108. Assalmu'alaikum wr..wb.. mbak, maaf boleh saya minta contoh study plan-nya? kebetulan ini sy juga lagi proses apply beasiswa di LPDP. ini email saya : srimulyanife05@gmail.com

    trimakasih banyak sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo boleh share ttg program pengayaan n besarnya beasiswa ya mba ke friesginawiska@ymail.com saya feb ikut pengayaan

      Delete
  109. mba tri.. saya alhmdulillah jg bln februari ini ikut pengayaan lpdp. ceritanya jg sama alurnya dg proses seleksi beasiswa lpdp yg saya alami..dmna ga linier s1 n s2 nya..hehe.. boleh sharing ga mba ttg beasiswanya nnti gmna n program pengayaan nya? mba tri sudah mulai perkuliahannya?

    ReplyDelete
  110. kalo diizinkan..aku mau share ttg program kepemimpinan n besarnya beasiswa. saya februari ini ikut PK mba. tlg bales ke email ku aja y.. friesginawiska@ymail.com

    ReplyDelete
  111. mbak anonim dan mbak friesgina, untuk informasi acara pengayaan (Program Kepemimpinan) googling aja ya. Awardee batch 1 dan 2 dulu diwajibkan membuat blog perjalanan PK. catatan perjalanan mereka lengkap dan kurang lebih sama kegiatannya dgn PK2 selanjutnya.

    untuk besaran beasiswa nanti akan disampaikan oleh tim direksi LPDP saat PK. jadi bersabar aja sampai nanti PK ya :).

    alhamdulillah saya sudah mulai kuliah bulan september 2013 lalu.

    ReplyDelete
  112. assalammualaikum mbak tri, terimakasih banyak atas informasinya yang sangat jelas dan bermanfaat sekali :) saya berminat untuk mendaftar beasiswa lpdp. Jika berkenan apakah saya boleh meminta contoh essay dan study plan nya mbak ? Email saya: asrifadesta@gmail.com. terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
  113. assalamu'alaikum. wr. wb.. trimakasih banyak mbak atas infonya, sangat bermanfaat buat saya tentunya buat sahabat-sahabat yang membutuhkannya, jika berkenan bolehkah saya minta contoh essay dan study plan-nya mbak ? saya masih dalam proses menyiapkan berkas-berkas untuk mendaftar beasiswa lpdp, trima kasih banyak sebelumnya mbak, ini email saya, subekty69@gmail.com.

    ReplyDelete
  114. Tulisannya sangat menarik mbak. saat ini saya lagi cari2 tips/trik biar bisa lulus beasiswa LPDP 2014. jika tidak keberatan, mohon dikirimkan contoh essay dan studi plannya mbak di email saya mpongsendana@yahoo.com. oiya jurusan S1 saya sama dengan mbak, KIMIA

    ReplyDelete
  115. Bismillah,
    Barakallahu fiik yah mbak, alhamdulillah prosesnya kegambar jelas. Sy juga minat nih buat dikirimin essay sama study plannya. Boleh yah mbak? di rezky.bio06@gmail.com
    Syukran jazaakillah khoir

    ReplyDelete
  116. Mbak Tri,mbok tlng saya dkirimi jg cnth essay&rencana studi ya.Almt email saya aribfrenzo.gurutik@yahoo.co.id
    Trm ksh...

    ReplyDelete
  117. Assalamu'alaikum Mbak Tri..
    Mbak saya baru saja lulus S1 dan ingin lanjut S2. Sudah sekitar setahun yang lalu saya berminat mengikuti program beasisa LPDP. Jika berkenan saya minta contoh study plan dan essay punya mbak dong :)
    Syukron mbak atas infonya
    slametcute@gmail.com

    ReplyDelete
  118. assalamualaikum...mbak
    saya sangat senang membaca artikel mbak..boleh sya di emailkan contoh study plan untuk beasiswa lpdpnya. terimakasih.
    email saya. Buais880@gmail.com

    ReplyDelete
  119. menarik sekali ulasannya mbak..
    saya juga berencana untuk apply beasiswa lpdp,,
    semoga bisa sukses juga seperti mbak..
    mungkin sedikit klasik.. kalau berkenan,bolehkah saya meminta study plan dan essay yang mbak ajukan.. sekadar untuk referensi dan inspirasi..
    ini email saya alfathgautama@gmail.com

    semoga bermanfaat dan sukses.. amin.. !!! ^_^

    ReplyDelete
  120. Syukron Mbak essay n study plan sudah masuk di email saya.. :)

    ReplyDelete
  121. assalammualaikum mbak tri, saya berminat untuk mendaftar beasiswa lpdp. Jika berkenan apakah saya boleh meminta contoh essay dan study plan nya mbak ? Email saya: dade_bp@yahoo.com terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
  122. Assalamualaikum wr.wb mbak Tri. Perkenalkan saya Wayan dan insya Allah berniat menembus LPDP tahun ini. Untuk itu boleh ya saya dikirimkan contoh study plan dan essay nya ya ke wayan.meidawati@gmail.com Terima kasih mbak :D

    ReplyDelete
  123. Selamat sore Mba,
    Wahh, terima kasih ya Mba udah bikin tulisan yang komprehensif seperti ini, kita jadinya banyak dapat informasi mengenai beasiswa LPDP.
    Mba, kalau boleh saya boleh minta contoh study plan dan essaynya mba? hehehe
    Mohon email ke fresasaga@gmail.com ya Mba.
    Terima kasih banyak ya mba :)

    ReplyDelete
  124. Assalamu'alaikum. Terimakasih sudah berbagi pengalaman dan tipsnya mbak mengenai beasiswa ini. Saya Auliyanti, baru' ini lulus dari pendidikan bahasa Inggris, saya mau mencoba melanjutkan study saya dengan bantuan beasiswa LPDP, namun saya agak kesulitan dalam membuat study plan, untuk itu saya mohon agar kiranya dapat dikirimkan ke email saya alzhainmelody@gmail.com. Terimakasih sebelumnya mbak atas kesediannya. Wassalam. :)

    ReplyDelete
  125. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wrwb. insyaAllah bisa, silahkan daftar lagi aja.

      Delete
  126. Wah keren nih sharingnya :)
    Kalo boleh saya juga mw disharing study plan dan essaynya donk mba
    muhammadmuslim21@gmail.com
    syukron :)

    ReplyDelete
  127. Salam Sejahtera,
    Mbak permisi, saya adit, saya juga mau mencari beasiswa lpdp seperti mbak. Kalau boleh, bisakah mbak mengirimkan saya study plan mbak ke mnatsieraditya@gmail.com
    Terima Kasih

    NB: sharingnya wuokeh puoll mbak!! semoga pengalaman mbak berguna bagi kita semua..

    ReplyDelete
  128. Assalamualaikum wr wb, mba Tri.. perkenalkan saya Lalita mahasiswa UNDIP. terima kasih sekali sudah bersedia sharing tentang beasiswa LPDP ini :)
    saya juga InshaAllah ingin mendaftar ke beasiswa LPDP, kalau mba berkenan..boleh dikirimkan contoh study plan dan essay nya ke ratri.lalita@gmail.com
    would mean a lot to me. thanks, mba :)

    ReplyDelete
  129. Terima kasih sudah sharing informasinya, ini sangat berguna sekali untuk teman2 yang ingin mendapatkan beasiswa juga.
    Jika berkenan, boleh dishare study plan dan essaynya ke alamat email alexander.reginaldo@ymail.com

    ReplyDelete
  130. Tulisannya bagus dan bermanfaat mbak.. saya Fitri Kusuma Dewi dr UIN Surabaya.. sy juga pengen dapet beasiswa lpdp tahun ajaran baru ini.
    Kalau mba berkenan sy boleh minta dikirimi contoh study plan dan essay nya ke kusumadewi2011@gmail.com
    terima kasih mbak sblmx :)

    ReplyDelete
  131. Assalamualaikum..tlisannya sgt mmbntu mbk..bleh gk sya mnta cnth study plan n esaynya mbk.. oya klo blh..tlg krim ke yuhanaarvandiva@gmail.com

    ReplyDelete
  132. Assalamualaikum,
    Salam kenal ^^
    Saya Hary tertarik melanjutkan studi ke program doktor, saat ini sedang mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan, kalau tidak keberatan bolehkah Saya minta contoh essay dan study plannya ,...hary_oa@yahoo.com, terima kasih


    salam ^^

    ReplyDelete
  133. Assalamualaikum Mba Tri, salam kenal saya Anisa. Terima kasih banyak atas tulisannya, sangat membantu sekali terutama krn saya melanjutkan studi ke bidang yg tdk linear dgn studi sblmnya. Blh saya minta contoh essay dan studi plan ke anisaapriliaa@gmail.com? Terima ksh

    ReplyDelete
  134. assalamualaikum.mbak.. nama saya winda.
    saya ingin minta cinta study plan nya mbak boleh tidak ? jika boleh kirim ke alama
    windafitria56@yahoo.co.id
    semoga saya bisa mengikuti jejak mbak mendapat kan beasiswa ini.. aminnn

    ReplyDelete
  135. Dear Kak Tri Hanifawati,

    Terimakasih banyak atas sharing pengalamannya. Nama saya Kinnata. Bermanfaat sekali untuk persiapan LPDP. Bolehkah disharing juga contoh essai dan study plan ke kinnata.nikko@gmail.com ? Terimakasih atas bantuannya. Semoga kelak bisa mendapatkan beasiswa seperti Kak Tri Hanifawati

    ReplyDelete
  136. Kepada mbak, tri hanifawati,
    perkenalkan nama saya : eko arifianto ST, saat ini saya sedang mencari beasiswa S2 dalam negeri, mohon tolong bantuanya untuk sharing, contoh essai dan study plan beasiswa LPDP S2, mohon tolong untuk di kirim ke email ekoarifianto8888@yahoo.co.id
    , kalau untuk beasiswa luar negeri untuk mendaftar kuliah dan memperoleh LOA di universitas Luar negeri itu dengan biaya sendiri atau dari beasiswa LPDP,? mohon penjelasannya, mohon pencerahannya, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus uang pendaftaran pakai biaya sendiri dulu nanti akan direimburse oleh LPDP.

      Delete
  137. selamat siang mba... info nya sangat manfaat sekali. saya sedang mendaftar LPDP beasiswa s2 dalam negeri. sertifikat itp saya per desember 2012.. baiknya saya ambil lagi atau tetap mendaftar dengan sertifikat tersebut. dan mohon bantuannya untuk contoh essay dan rencana studynya mba... kirimkan ke email onyetaz@gmail.com ditunggu ya mbak, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sertifikat toefl pada umumnya berlaku dua thn, jadi expirednya kan masih sampai des 2014, jadi pakai sertifikat yg sudah ada saja.

      Delete
  138. Assalamu'alaikum mbak nama saya yuniarto, Infonya sangat berguna mbak. sekarang saya juga sudah mulai daftar beasiswa LPDP namun saya masih kebingungan untuk study plan dan essaynya, jadi belum submit data baru upload ijasah dll. mohon bantuannya mbak untuk contoh study plan sama essaynya. kiri ke email wimboyuniarto@gmail.com.
    terimakasih banyak ya mbak.

    ReplyDelete
  139. Assalamualaikum,
    inspiratif sekali ceritanya Kak,
    boleh minta study plan sama essaynya nggak? :D
    mohon dkirimkan ke
    www.town@yahoo.com ini alamat email saya :) ...
    terima kasih. Fina

    ReplyDelete
  140. Dear Mbak Hanifa,

    jika berkenan mohon share juga ke saya di surel : eas_hayden@yahoo.com ya.. :) saya sedang melengkapi syarat2 untuk pendaftaranya..

    terima kasih.

    Eko

    ReplyDelete
  141. ass mbak..mbak saya ,imta contoh essai, rencana studi sama contoh surat rekomendasinya..maksih fayza_ndutz@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  142. Assalamualaikum WR WB mba..
    subhanallah tulisannya sangat mencerahkan.. mbak kebetulan saya termasuk orang yang sedang mencoba peruntungan di beasiswa lpdp ini, cuma saya agak kebingungan di materi essay dan rencana studi.. kalo mbak berkenan bolehkah saya meminta bantuan mba?? perkenlkan saya Mutia Afifah. mhn skali bantuan mbak untuk mengirimkan ke email saya mutia.san@gmail.com.

    sekali lagi mohon bantuannya mbak yahh,, terima masih mbak sebelumnya

    ReplyDelete
  143. Selamat Siang, Mbak. Saya Dedi, Rencananya mau daftar LPDP juga tahun ini. Saya sedang mempersiapkan berkas-berkasnya. Tapi karena tidak terbiasa, agak kesulitan juga membuat rencana studi itu. Kalau tidak keberatan, boleh saya request study plan yang mba punya untuk gambaran awal saya. kirim ke dedisupendra@gmail.com ya, Mbak. Terimakasih. Salam.

    ReplyDelete
  144. Assalamualaikum Mba, insya Allah tahun ini aku ada rencana daftar LPDP. Bisa liat contoh rencana studinya gak Mba?? Makasih sebelumnya. Ini emailku wahyunanur@yahoo.com

    ReplyDelete
  145. Assalammu'alaikum mba Tri,

    perkenalkan nama saya mirta. Mba, kira2 tau gak informasi tentang beasiswa thesis/disertasi?itu bedanya apa ya? plannya pengen nyoba yang itu..karena sekarang saya dah masuk dalam step pengambilan data di univ LN....btw, minta contoh essay, study plan, surat rekomendasi, dan material2 lainnya kalau ada yah mba...jazakallah :D

    ReplyDelete
  146. oh iya mba email saya : it4_m2m@yahoo.co.id

    syukran

    ReplyDelete
  147. malem....
    info yang sangat pntng sekali, mksh bgt mbak.....
    rncana thn ini saya cb dftr....
    blh minta contoh essay, study plan, surat rekomendasi, dan material2 lainnya donk???
    kirim k email q ya mbak....
    tian_vai@yahoo.com
    mksh buanyak ya.....

    ReplyDelete
  148. Assalamualaikum wr.wb

    Nama saya Dita , saat ini saya juga sedang mempersiapkan berkas2 untuk pendaftaran beasiswa LPDP. Boleh mohon bantuannya mba, saya minta contoh essay dan rencana stud mbak sebagai referensi. email saya : msevening100@gmail.com

    Terima kasih banyak ya mbak :)

    ReplyDelete
  149. assalamualaikum maav mbk saya sulis,, tahun ini ada rencana pengen ikut lpdp
    sekiranya boleh share contoh essay dan rencana study nya mbk gk?? ke email saya sulis.ipb46@gmail.com

    sebelumnya makasih,, :D

    ReplyDelete
  150. Assalamualaikum mb. tri...saya sangat trtarik dengan beasiswa LPDP,,ada yang mau saya tanyakan...
    1. TOEFL nya itu sbenarnta ITP atau PBT ya..?atau kedua-duanya bisa..?
    2. kalau brkenan tlong krim ke email sya ya mbak contoh essay sma study plannya,,terimakasih uda brbagi, sangat brmnfaat...semoga saya bisa mnyusul mb.tri...aminnn... (erdita.anggraini@gmail.com)

    ReplyDelete
  151. selamat pagi mbak.
    terimakasih banyak mbak udah ngasih tips-tips untuk lolos beasiswa LPDP. saya siti nurhayati mbak. apakah saya boleh meminta study plan dan essay punya mbak dulu?
    ini email saya mbak sitinurhayati91@gmail.com.
    terimakasih mbak.

    ReplyDelete
  152. Halo.. Mba boleh minta tolong dikirimkan essay khususnya ttg study plan ke tabhita_hutagalung@yahoo.com ? Terima kasih banyak...

    ReplyDelete

 
Support : facebook | twitter | a-DHA White Series
Copyright © 2013. Moving Forward - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger