Home » , » Keep Survive

Keep Survive


Bosen mengerjakan tesis, keknya ko 6 bulan ini hidup saya monoton banget (curcol, jangan-jangan perasaan saya ajah <_>). Bosen karena tiap hari ngadepin laptop. Bosen karena tiap pekan ada diskusi tapi hanya mentok di teori. Actionnya? Hanya satu dua orang yang bisa memberi warna baru. Ilmu itu bukan kumpulan teori, namun pemahaman yang terefleksi dalam tindakan. Right?

Keep update. Ini cara untuk menemukan warna baru dari apa yang saya pelajari. Einstein pernah bilang (hoho kapan saya ketemu Einstein) bahwa orang gila itu adalah orang yang mengharapkan perubahan dengan melakukan hal yang sama setiap hari. Kalau kita kerjaannya hanya melulu belajar texbook gak mau update perkembangan inovasi terbaru, penelitian terbaru, teknologi terbaru, include masalah baru, gimana mau melakukan perubahan? Gimana dong caranya agar bisa up to date? Ada banyak cara, membaca jurnal or hasil penelitian lain, berita terbaru, jalan-jalan (apa hubungannya?), ketemu orang di luar untuk diskusi, ikut seminar, nonton film (ini saya banget), atau apapun yang bisa menambah warna baru, ilmu baru, dan informasi baru berkaitan dengan sesuatu yang sedang kita geluti. Inilah cara mengasah otak yang paling efektif sehingga otak gak melulu dipenuhi teori-teori. Ini juga bisa menciptakan peluang agar kita bisa move on. So keep update our major and create our own idea. 

Have a guideline. Banyak ide-ide berseliweran di kepala namun terkadang bingung gimana cara menuangkan ide tersebut, darimana saya harus memulai? Gegara ide di kepala yang gak keluar, migren saya bisa kambuh loh. So, gimana saya harus merangkai satu ide dengan ide lainnya menjadi sebuah solusi yang komprehensip? Agar ide tidak hilang biasanya saya akan membuat catatan-catatan kecil yang kemudian saya tempel di dinding kamar. Saat itu saya dapat inspirasi saat itu juga saya catat. Jadi jangan heran kalo kamar saya penuh dengan tempelan kertas warna warni hehe... Yang pasti agar ide dapat terangkai dengan baik kita harus punya guidline. Ide itu mau diapakan? End produknya apa? Jadi buku, artikel, tesis, paper, sekedar menuhin diary, or what? Target jangka panjang tentu saja dibuat prototype nya dan diaplikasikan jika itu sesuatu yang applicable. 

Do action. Ide sudah ada nih, teorinya sudah paham, selanjutnya adalah trial and upgrade. Tidak ada keberhasilan tanpa action. Ide hebat sekalipun tidak akan ada effeknya jika tidak ada aksi. Kalo actionnya harus nulis ya menulislah. Loh ko lagi-lagi nulis, hihi ini mah saya banget :p. Btw kalau actionnya harus eksperimen ya eksperimenlah. Kalau actionnya harus bla bla bla yah dijalanin ajah hehe... Intinya adalah less talk do more lah. Tentu pepatah ini gak berlaku untuk para penyiar, trainer, guru, dan dosen. Kasihan audiens nya kalau dikasih bahasa isyarat, kecuali audiens yang memang butuh bahasa isyarat :D.


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : facebook | twitter | a-DHA White Series
Copyright © 2013. Moving Forward - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger